Minggu, 15 November 2009

K R I T I K D E S K R I P T I F


B I O G R A P H Y of

W A L T E R G R O P H I U S

Seorang Arsitek berkebangsaan Jerman-Amerika ini adalah seorang direktur dari sekolah desain yang sangat terkenal di Jerman yang bernama Bauhaus (1938-1952). Walter Grophius lahir di Berlin pada tanggal 18 Mei 1883, meskipun ia belajar arsitektur di Berlin dan Munich tahun 1903-1907, ia tidak mendapat gelar sama sekali dalam masa pendidikannya. Kemudian ia bekerja di Berlin untuk Peter Behrens, salah seorang arsitek Jerman yang dipengaruhi oleh Gerakan Seni dan Kerajinan Inggris, yang berusaha melangkah lebih jauh dengan mengadaptasi desain yang baik untuk mesin dalam memproduksi.

Tahun 1910 Gropius mendirikan praktek dengan Adolf Meyer. Mereka merancang Fagus Works di Alfeld an der Leine (1911) dan gedung kantor di Pameran Werkbund di Cologne (1914), menggunakan kombinasi batu dan konstruksi baja, di mana berapa daerah, lapisan kaca eksternal digantung. Rencana gedung di Cologne di axially dirancang dalam tradisi Beaux-Arts , tetapi pengaruh utama adalah bahwa sebagian besar dari Frank Lloyd Wright, dengan karya Wright "rumah padang rumput" dan dikenal secara luas di Eropa melalui publikasi tahun 1910 dan 1911 dari Ernst Wasmuth di Berlin.

Gropius dan Meyer dipengaruhi oleh gaya Wright, terutama pada horizontalitas dan atap menjorok lebar, juga dalam simetri, sudut paviliun, dan seluruh semangat konsep Wright. Perang Dunia I mengganggu praktek arsitektur mereka, dan kemudian mereka merancang hanya satu proyek sebelum kematian Meyer pada tahun 1924: entri yang gagal untuk Chicago Tribune Tower persaingan 1922.


Bauhaus

Selama perang Gropius diundang untuk menjadi direktur Grand ducal Saxon School of Applied Arts dan Saxon Academy of Fine Arts di Weimar, dan ia mengambil tugas-tugasnya di akhir perang. Ia menggabungkan dua sekolah ke Staatliches Bauhaus (State Building House) pada tahun 1919. Tujuan Bauhaus adalah "kesatuan seni dan teknologi" untuk memberikan arahan artistik untuk industri, yang merupakan kekurangan pada 1919 seperti pada pertengahan abad ke-19, ketika gerakan Seni dan Kerajinan dimulai. Kebesaran Gropius sebagai seorang pendidik adalah ia tidak mengedepankan kebijakan dogmatis apa pun, melainkan ia bertindak sebagai keseimbangan antara rasional, perwakilan, dan fisik di satu sisi dan spiritual, estetis, dan kemanusiaan di pihak lain. Sebuah komunitas artistik primadona sulit untuk dikoordinir, tapi Gropius bertindak sebagai koreografer dan dituntut terbaik dari fakultasnya, dari Johannes Itten mistisisme ke sosialisme Marxis Hannes Meyer.

Ketika kritik menyerang, memaksa Bauhaus untuk meninggalkan Weimar pada tahun 1925, Gropius mendesain struktur Bauhaus yang baru di Dessau, salah satu karya terbaik, yang diwujudkan suatu konsep baru tentang ruang arsitektur. Ketika kritik meningkat untuk melawan dia sebagai direktur pada 1928, ia mengundurkan diri, daripada membiarkan kritik menyebar dari dia sebagai pemimpin untuk seluruh institusi. (Nazisme dan Bauhaus berdiri sama sekali bertentangan sudut pandang yang berlawanan, dan pada tahun 1933 di bawah Ludwig Mies van der Rohe ,sekolah yang telah pindah ke Berlin, dipaksa untuk tutup.)

Gropius dipraktekkan di Berlin 1928-1934, bereksperimen dengan perumahan prefabrikasi Toerten dalam pembangunan perumahan di Dessau (1926) dan tempat tinggal di Werkbund Exhibition (1927). Dia pergi ke Inggris pada tahun 1934, di mana ia bekerja dengan E. Maxwell Fry hingga 1937, terutama merancang rumah-rumah pribadi, tetapi juga Impington College, Cambridgeshire. Sebagian dipengaruhi struktur ini pasca-Perang Dunia II program desain sekolah di Britania.


Bekerja di Amerika

Ketika Gropius pergi ke Amerika Serikat pada tahun 1937, ia bekerja sama dengan Marcel Breuer, seorang mantan murid, pada individu dan kelompok perumahan, termasuk rumah untuk dirinya sendiri di Lincoln, Mass (1937). Gropius memegang kursi di Harvard arsitektur 1938-1952, masa hidupnya dari usia 55-69, ketika sebagian besar arsitek akan merancang karya-karya utama mereka. Hal ini disebabkan intens kepada komitmen terhadap proses pendidikan. " Saya adalah ' seseorang yang tak berarti’ selama bertahun-tahun hanya hidup ditengah orang yang biasanya membawa orang ke puncak karirnya," pengakuan Gropius ketika ia menerima 'Medali Emas’ dari American Institute of Architects pada tahun 1959.

Bagaimanapun Gropius telah mendirikan The Architects 'Collaborative (TAC), sebuah kelompok yang berorientasi pada praktek, tahun 1946, dan ia pensiun dari Harvard pada tahun 1952 untuk mencurahkan perhatian penuh pada praktek arsitektur. TAC dan Gropius merancang Harvard University Graduate Center (1949-1950); mengerjakan sebuah proyek untuk Boston Back Bay Pusat (1953), yang tidak terlaksana dan merancang Kedutaan Besar AS di Athena (1960) dan Universitas Baghdad di Irak ( mulai 1962 tetapi tidak selesai sampai 1971).

Gropius juga merancang kereta api lokomotif dan mobil tidur (1913-1914), mobil Adler (1930), dan sejumlah produk sehari-hari. Dia percaya pada " semua karya kreatif dari kewarganegaraan umum."

(sumber Encyclopedia of World Biography on Walter Gropius)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar